Menu

Aneka Porifera

Tujuan Pembelajaran

Mata Pelajaran   :Biologi
Kelas                   : X
Materi                 : Filum Porifera
Kompetensi Dasar : Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
Alokasi waktu   : 45 menit (2X Pertemuan)




Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator.dan Tujuan Pembelajaran



Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
KI 1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KD 1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup


1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang proses perkembangan pada makhluk hidup menurut ajaran agama yang dianutnya.
·    Siswa dapat bersyukur dan mengagumi  keanekaragaman anggota Filum Porifera serta peranan Filum Porifera sebagai ciptaan Tuhan menurut ajaran agama yang dianutnya.

KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KD 2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium

1.  Menunjukkan perilaku ilmiah proaktif saat menggunakan media blog dalam melakukan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium

2.  Menunjukkan sikap bekerja sama dalam kelompok dan saling menghargai pendapat orang lain dalam memahami konsep serta peranan pada Filum Porifera.
·    Siswa dapat menunjukkan perilaku ilmiah proaktif saat menggunakan media blog  dalam melakukan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium

·    Siswa dapat menunjukkan sikap bekerja sama dalam kelompok dan saling menghargai pendapat orang lain dalam memahami konsep serta peranan pada Filum Porifera.
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KD 3.8. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.

1.   Mendeskripsikan ciri-ciri Filum Porifera

2.  Menyebutkan manfaat Filum Porifera untuk kehidupan manusia.

3.  Menyebutkan perbedaan masing-masing kelas dari Filum Porifera


·   Siswa dapat mendeskripsikan ciri umum dan khusus Filum Porifera dengan disajikan gambar dan video Filum Porifera

·   Siswa dapat menjelaskan manfaat Filum Porifera dengan disajikan gambar

·   Siswa dapat menjelaskan perbedaan masing-masing kelas dari Filum Porifera dengan disajikan gambar dan video

KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan








KD 4.8 Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
1. Melakukan pengamatan terhadap Filum Porifera

2. Menyajikan tabel hasil pengamatan Filum Porifera
·   Siswa dapat menentukan bagian-bagian tubuh Filum Porifera beserta fungsinya dengan disajikan contoh gambar Filum Porifera

·   Siswa dapat mengklasifikasikan beberapa jenis porifera sampai dengan tingkat kelas dengan disajikan

·    Siswa mampu untuk menuliskan laporan berdasarkan hasil pengamatan dan mempresentasikan didepan kelas.

No comments:

Post a Comment